Catatan Harian 169 : The Flu

Dua pekan berlalu sudah, coba jadi pengusaha sukses : Susah. Apa sudah aja jalani profesi sebagai karyawan dengan Jujur, dan berdoa semoga pertolongan Allah semakin dekat untuk yang dicita-citakan. Menjadi manusia yang ihsan dan anfa’uhum linnaas, memaksa diri untuk benar-benar mengerti, meski tak punya pesantren, tidak jadi kyai. 

Tadinya jadi pengusaha biar bisa seperti mereka, dengan penghasilan yang baik, stabilitas ekonomi di usia muda. Siapa yang gak pengen? Apalagi dengan waktu luang yang dipakai ibadah. Siapa yang gak mau? Hmm.

Sudah jam 5 saja di hari sabtu pertama pekan ini, langit sedang mendung. Nulis lagi hoream, biasa, kadang datang begini, apalagi lagi bersaing dengan game, jualan, belanja, tugas yang tertunda. Tapi hidup di nikmati terus, dan yang paling penting bekal Ibadah di tambah terus.

Tanpa banyak bicara, kita mulai saja cerita pekan ini, sudah 5 hari cerita belum di susun, foto makin bertambah, tapi belum di beresin juga. Meski kadang ngeluh : Foto kok gak ada yang beres?

Senin, 12 Jumadil Akhir 1442 H, 25 Jan 2021

Gajian Day! Alhamduilillah dan semoga menjadi barokah. Aamiin.

Lelah, karena dari pagi langsung beres-beres meja, menata tampilan depan demi persiapan akun gofood, dan siangnya langsung beberes data upload sampai lelah, dan malam malah begadang lagi. Masih kefikiran aja Soal Gofood dan Grabfood.

IMG_20210125_152609

Sempat juga antar paket ke J&T karena gak di pickup juga setelah menunggu seharian, dan anteraja udah di receive besoknya, di jemput tadi. Alhamdulillah. Penuh cerita di pengiriman pertama, apalagi yang 2 paket ini, sampai ke cancel otomatis di shopee, dan ke J&T sampai 3X : Kirim, kegedean, di repack keburu autocancel. Hmm.

Malamnya malah bergadang. Pekan ini tidak begitu baik, masih banyak begadang, mau jalan-jalan juga hoream, enaknya sore-sore kan main game. Heleh heleh. Sisanya lupa lagi deh ngapain. Yang pasti malam ini nge WA orang yang katanya mau bantuin daftar Gofood Grabfood, tapi ternyata, ya begitu aja, dia cuma jadi assisten aja. Ga bantu sama sekali.

Selasa, 13 Jumadil Akhir 1442 H, 26 Jan 2021

Selasa malam, 20.13 tenang di Bekasi, nunggu kelas, entah bisa join atau tidak, stand by dlu aja. tapi ternyata saya ketinggalan. Ya sudahlah. Belum jodohnya.

Hari ini masih lelah, urus grab food, sampai ada yang datang tapi ga bantu banyak, masih tang teng tong, dan akhirnya kefikiran karena infak, ikhlas saja belum tentang kerjaan, dan lelah bukan main kalau jam kerja kantor malah dipake yang lain bisa tapi ga berkah. Bener! Dan akhirnya terbukti kan? Sudah 2 hari akun gofood aktif, belum ada orderan 1 pun.

IMG-20210127-WA0007

Mending ngerjain beginian di hari libur aja, kalau sekiranya perlu, cuti aja. Ga baik berbuat begitu, korupsi, walau kerjaan masih low season. Itu sih pesan saya.

Anyway, dari pagi udah backup keuangan, Alhamdulillah tabungan naik ke dua digit, subsidi pajak udah di cabut, 2021 berjuang lagi deh.

Selain akhirnya bisa naik legend, senangnya hari ini dengan 3 Bintang lima yang semoga bisa membahagiakan saya (ini tentang jualan shopee, dan senang sih saat ada customer puas dengan produk kita). Sebuah bonus saat produk bisa diterima dengan baik. Sama Teh Ohm. Meski selanjutnya, hari masih berkutat dengan drama ongkir pesenan Eu dan Neng yang kena dimensi.

Rabu, 14 Jumadil Akhir 1442 H, 27 Jan 2021

Saya rasa di berbagai hal saya keterlaluan, main game, tidur malam, bangun tidak teratur, kerja berantakan. Meski saya sadar, saya tetap memberi nasihat baik dan berhusnudzon pada diri sendiri bahwa saya orang baik, mencintai taubat, Islam tidak melarang berprasangka baik, percaya bahwa saya ingin jadi manusia baik hidup baik, mati baik, berbekal baik, disinari cahaya mentari hangat di arah pagi.

IMG_20210127_094348

Bismillah. Hari ini kembali WFO lagi, meski ga banyak hal yang dikerjakan, follow up packing, monitor lagi OPW, dan meeting dengan beberapa departement tapi cancel : Update PIR dan meeting COst Out. 

Saya kerja sampai malam, baru pulang ba’da isya pakai mobil, sudah deal per hari ini kita parkir di Pak Toni. Bismillah semoga jadi barokah. Karena pulang malam, jadinya istirahat cepat saja, pengennya. Tapi begitulah : Game, ngobrol.

Entah sampai kapan, mungkin bentar lagi meeting dan game hanya jadi cerita masa lalau seperti band dan jualan keripik. Ada masanya, ada saatnya berakhir juga. Hanya rindu saja nanti, tinggal cerita.

Kamis, 15 Jumadil Akhir 1442 H, 28 Jan 2021

Pekerjaan masih saja nanggung. Apa? Hari ini gak ke packing kan? Lupa sih.

IMG_20210128_185936

Malam jum’at malah sibuk belanja karena akun go food sudah aktif, beli perabot, beli mi, beli telur, anter paket dan beli snack, sampe tidur malem. Besoknya malah kecapean. Sok sibuk sih.

Ummah udah baik hati banget, jemput dan anter paket besoknya. Ummah itu baik, saya yang kadang gak tega lihat istri kerja. Udah capek di rumah juga. Cuma kita sama-sama bingung saat kebutuhan tiba-tiba datang diluar kemampuan dan rencana kita : Pinjaman, permintaan tolong, melihat orang lain yang kadang bikin kurang nyaman (yang sebenarnya bisa kita atur sih) Cuma suka ada pertanyaan aja : Lu kok ga bisa? Itu yang Sedikit Jlebb. Apa pertanyaan seperti itu harus diikuti? Gak capek?

Jum’at, 16 Jumadil Akhir 1442 H, 29 Jan 2021

Dari pagi? Malah diem aja di rumah servis mobil, lalu ngopi, tahu-tahu jam 10 aja. Habis jumatan ngantuk, setelah makan mi bareng Najmi ba’da jum’at. Mulai memfavoritkan makan mi bareng ba’da jum’at rupanya malah ngantuk, hingga akhirnya mendekati ashar waktu berjalan cepat, sampai Pak R yang invite meeting ke skip. Saya sempat AFK, besok juga kerja fikir saya. Not Good. Seperti awal hari ini, not good maaf.

IMG-20210129-WA0004

Yang dikenang hari ini, pertama kali ngajar S, buat javascript di malam hari, tinggal di daerah pasar kecapi. Bapaknya orang Bandung, dari 2000 di Bekasi.

IMG-20210129-WA0011

Selebihnya lupa, di hari kamis ada meeting bareng team di sore hari. Saya bilang soal quarter meeting, tapi pak R tidak hadir. Jadi kita bersama saja. Lagipula besok disuruh masuk untuk workshop. Ke kantor loh.

Sabtu, 17 Jumadil Akhir 1442 H, 30 Jan 2021

Hari ini ada workshop. Setengah hari disana. Tapi lagi ga semanget nulis, ga semanget update jualan, ga semanget online learning, pengennya main game mulu. Tapi setidaknya bisa sedikit ngasih support buat tim packing dan keluarga dengan sebungkus snack dan pagi sore.

IMG_20210130_122502

Tadi nya dah semanget nulis di siang hari,tapi capek juga, jadinya pulang workshop hanya diam aja di rumah, ngopi, main game, dan malah istirahat, besoknya. Alhamdulillah kita bisa subuh berjamaah lagi. 

Ahad, 18 Jumadil Akhir 1442 H, 31 Jan 2021

Hari ini banyak beli spare part mobil, habis wiper, lanjut socket, lampu dalam, lampu luar dan amplas lampu. gregetan sih, pengen kinclong dengan harga murah. Ternyata memang kalau sudah full modif ya kayak rumah full renov. Mahal.

Tiba-tiba saja, siang setelah pulang diskusi soal pengambilan material untuk jualan gofood, Eu menawarkan kerjasama bisnis. saya jadi curious dengan bagaimana caranya bekerja sama dalam bisnis dan mulailah membuka beberapa tentang legislasinya dan hal lainnya.

Kadang pengen jalan-jalan, pengen sering pake mobil, tapi sisa uang aja masih 500rb, sekarang, uang segitu dipake main sekali aja langsung tekor. Tapi kan ada tabungan, ya harus rela lah, jangan di kumpul-kumpul aja, dipakai yang bermanfaat : Jalan-jalan, kompensasi kita belum pindah rumah sampai sekarang.

IMG_20210131_145820

Coba saja dulu. Seperti usaha ini, kadang kefikiran, jalanin usaha gini ternyata tidak semulus yang dibayangkan, sudah hari ke 5 tapi belum ada juga orderan, padahal ingat preparenya, luar biasa pak pik pek.

Nasihat hari ini, niatkan usaha sebagai jalan untuk nafkah baru, sebuah jalan yang semoga lebih memudahkan sehingga ibadah bisa lebih banyak, masalahnya, gara-gara usaha begini kok ibadah jadi menurun, gak ada ngaji sama anak-anak, buka tafsir, padahal ini adalah jalan utama hidup saya. Mendekat kepada Allah. betapa hebat para ulama, mengajinya pasti bukan 5 menit, 10 menit… bisa berjam-jam, sama seperti kita sedang kerja. Kapan bisa begitu? Weekend malah pengen istirahat, weekday harus kerja. Itulah mengapa, cari pekerjaan yang maju, stabil, dan hanya membutuhkan sedikit perhatian, agar bisa ibadah lebih baik. Atau ibadah saja dulu, maksimalkan, dunia secukupnya saja. Mungkin, iya.

Hari Ahad lama di rumah saja, males kemana-mana. Bangun, lalu menikmati hari dan semangkuk bakso dari Sadeng.

Senin, 19 Jumadil Akhir 1442 H, 1 Feb 2021

Padahal udah pesen susunya di Supply Rabu, tapi Pak AS malah tetap simpan di freezer hari ini, semoga membeku dia, dan tetap enak nantinya.

Alhamdulillah Senin bisa berjalan normal. Subuh berjamaah bareng Najmi lagi, penting memaksa diri untuk tidur maks jam 10. Setidaknya ini jadi sebuah perkembangan, Ya Allah, semoga diberikan keistiqomahan.

Selepas ngaji, dzikir, lalu saya coba rekap dan update menu dengan harga yang paling logis buat grabfood. Well ternyata harus markup up to 45%, dimana 20% untuk fee aplikasi, dan 25% untuk cover promo dan diskon, luar biasa memang. Ini yang akan dipakai membiayai promo di kemudian hari.

IMG_20210201_103244

Sesuai komitmen, ngopi 30 menit dan 1 round kalah (udah 4 kali kalah BTW, ga apa-apa, semoga lekas bosen main game begini, semoga ada hobi lain yang lebih bermanfaat dan terkendali) di toxic lah, biasa. Lalu ikut meeting, dan meeting dengan SPS untuk monday meeting yang panjang banget ceritanya.

Lalu terus aja follow up action plan nya satu persatu, ngopi di sela-sela, lalu mandi, lalu sholat, lalu nulis, lalu kerja lagi. Udah mau Dzuhur. Spare part sampe hari ini,, semoga lampu lekas nyala dan pengen test drive lagi, entah kemana, sore mungkin. Lalu entah lah, kita coba lagi saja. Dan rasanya. hari ini, ya kerja lah biasa, follow up terus, sholat tepat waktu dan main dengan anak-anak, sesekali main game. Semoga panjang umur.

Apa lagi? Udah lama lo : ga baca buku, gak online course, btw besok ngajar lagi loh, dan nanti sore juga ngajar. Belum bikin log book lagi. Malam harinya kita coba ke Cikarang, tadinya mau ke rumah Ag tapi kemalaman, jam Setengah 10 masih keliling di Jababeka, sudah kita pulang lagi aja.

Sepanjang jalan pulang dari cikarang sampai Jatibening, headlamp mati karena sekring putus terbakar. Bahaya saya bilang. Alhamdulillah masih selamat. Lanjut istirahat saja.

Selasa, 20 Jumadil Akhir 1442 H, 2 Feb 2021

Ada saatnya lelah, gagal bangun pagi, gagal sampe ke rumah sodara, gagal repair lampu mobil, gagal beli mobil yang bagus dengan efisien, gagal memiliki performa yang baik, Tapi ya sudahlah, ada saatnya begini, sudah terjadi. Setidaknya semoga niatnya nyampe : Silaturahmi, nyenengin keluarga, mencari nafkah halal, membebaskan diri dari riya’. Jadi orang baik doang enggak cukup. Jadi baik itu wajib, tapi kalau keterampilannya kurang baik, performa kurang hebat, ya jadi biasa juga.

Tidak ada manusa yang ingin jadi biasa saja, tiba-tiba saja saya ingat teman-teman yang dulu di bikin under estimate, di Cb di KrmJt sekarang jadi orang bermanfaat juga, tidak ada orang yang bisa kita sepelekan dengan seperti apa hari ini.

IMG-20210202-WA0017

Hari ini bangun gak bagus, mungkin lelah semalam, malah mikir yang gak jelas. Pagi selepas ngaji tafsir (Setelah sekian lama) saya langsung kerja karena JKT KPI Eror dan saya bikin update actual saving tapi masih merapihkan beberapa file, sampai akhirnya meeting soal tehnis loading shuttle tanker.

Tiba-tiba Pak AsNaq nelepon, marah-marah, dibilang gak fokus, hasil tidak sesuai gaji, kerja cuma bikin email, kudu datang ke dunia nyata, bikin motivasi tiba-tiba drop, coba jelasin tapi emosinya masih tinggi saja. Melemah saja saya, iya aja dibilang kaya orang tua, di bales argument takutnya di bilang tidak koperatif, ah entahlah.

Sekarang lagi nunggu meeting Worksheet. Agak cerah dengan order gofood pertama. Bismillah saja, semoga berlanjut. Dan malam harinya setelah seharian melamun karena kefikiran kata-katanya yang bikin saya merasa bersalah banget dan ngerasa gak berharga. Akhirnya saya tetap mengajar pak Rd meski pengajian saya skip. Dan malam, saya masih ada tenaga untuk mengajar Javascript.

Ada beberapa ilmu baru yang menyenangkan dari mengajar Javascript, tentang table, tentang variable, dan banyak lagi. Dan saat pulang. Hujan. besoknya saya kena flu -_-.

Rabu, 21 Jumadil Akhir 1442 H, 3 Feb 2021

Obat terbaik itu istirahat dan hati yang tenang, kadang terlihat tertarik dengan mereka yang begitu top di sosial media, tapi kadang lelah dengan sosial media, mata yang sakit dan hasil yang tidak seberapa. Entah.

Sudah bangun pagi, tapi hidung lagi kurang enak, begitupun hati dan fikiran serta badan. Rumah masih ramai dengan mereka, tv nyala, pada diem, dan sekalinya tv dimatikan, rame banget. Kerja jadinya begini lah. Entah, sudah 1 jam begini aja, mlah cek keuangan, cek harga tol. Ga beres. Saya kasih 15 menit dan sesi ini harus selesai. Gitu sih.

IMG_20210203_102524

Kerja normal sampai dzuhur. Sempat ikut meeting, ijin WFH. Buat laporan, meeting dengan Bu Ant untuk review OPW nya. Dan padahal kemarin udah diwanti-wanti bahwa hari ini ada meeting, eh tetep aja ke skip meeting pak reda di jam 3, pusing ga ketulungan,

Akhirnya tumbang juga, saya tidur jam 8, ba’da isya.

Kamis, 22 Jumadil Akhir 1442 H, 4 Feb 2021

Flu makin menjadi, padahal pengen banget masuk karena Pak B mengambil cuti hari ini, saya masih belum bisa kerja, tapi sempat meeting pagi, masih bisa ngopi, masih bisa beresin foto.

IMG_20210205_134848

Sampe malam tiduran aja meeting di geser semua. Saya mau bed rest. Besok pengen kerja. Sesekali di telepon Asd dan diminta bikin laporan, tapi saya skip. Belum bisa.

Tidur jam 10, seharian meler parah. Saya hanya bisa tiduran. Yang bikin saya khawatir : Saya belum memiliki ibadah yang lebih baik selama sakit. Saya sadar. Belakangan ini saya jarang ngaji lagi, dzikir juga, sedekah juga. Ayo lah.

Jum’at, 23 Jumadil Akhir 1442 H, 5 Feb 2021

Hanya terbaring lemah, mau tidur segan, mau keluar malas, dari pagi sempat olah raga dulu lalu tiduran sampai jam 2 ini, g nonton sesekali main game, ga ngopi, badan ga enak, dada sakit. Indra penciuman juga hilang.

IMG_20210205_081651

Lalu sore hari ada meeting soal improvement VA. Dan saya udah lemah banget. Beneran hanya bed rest.

Sabtu, 24 Jumadil Akhir 1442 H, 6 Feb 2021

Sebenarnya badan udah agak mendingan. Tapi masih aja hidung meler dan batuk-batuk. Duh. Jadi tetep gak kemana-mana. Badan ga enak, mau keluar ga enak. Kemana-mana pun gak enak. Masih istirahat saja.

IMG_20210205_084004

Kecuali sore hari, kita jalan-jalan sejenak ke Jatiasih, Melewati Tirta Asri. Menemukan jalan baru dan beberapa petualangan serta cemilan baru. Cukup seru, setelah sejenak melamun di lapang segitiga dan menikmati senja, kita pulang berfoto sebelum besok sudah berisi lagi.

WhatsApp Image 2021-02-08 at 15.00.28

Ahad, 25 Jumadil Akhir 1442 H, 7 Feb 2021

Ahad ini, kita bangun kurang baik lagi karena semalam memang sudah susah tidur. tertebak. Selepas mandi dan sholat, sudah direncanakan bahwa hari ini kita akan jalan-jalan. Having fun just for a day, before tomorrow back to work.

Tapi semua ga bisa se easy itu. dari jam 9 baru ngopi, sudah ada panggilan kerja bakti karena got depan rumah meluber tiap hujan, udah coba di benerin, masih aja meluber barusan juga.

148087913_10216740992111081_4406297612910640238_o

Jam 10, ummah masih nyuci, jadi saya main game dulu, ngaji dulu, buka email dulu. Baru jam 11 semua siap. Senang rasanya saat bisa bawa mobil ke TMII, orang tiketnya baik, saya cukup bayar 60rb untuk masuk, orang tuanya aja katanya.

dan kita sangat bahagia saat 2 kali berkeliling sebelum akhirnya makan dan sholat sampai jam 1’an. Menjelang jam 2 kita pergi ke target utama : Museum ikan tawar, jadi kesanalah melihat ikan arapaima, berbagai macam ikan yang indah dan unik, segar rasanya melihat ikan berenang, ada yang gede ada yang kecil, dari mulai ikan aligator, sampai ikan cupang. Indah.

148228167_10216740992711096_3590584824213463225_o

Ada seperti dunia terowongan juga, ikan lele besar, dan ikan besar yang unik lainnya ada diatas kita, seperti sebuah terowongan. Lalu berlanjut menuju museum serangga hingga akhirnya kita pulang di jam 4. Kapan-kapan tulislah ceritanya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s